Frequently Asked Question Earth Hour Bandung

Apa itu EARTH HOUR?

Menjelang akhir Maret setiap tahun, EARTH HOUR yang merupakan kampanye inisiasi publik, menyatukan masyarakat dari seluruh dunia untuk merayakan komitmen gaya hidup hemat energi dengan cara mematikan lampu dan alat elektronik yang sedang tidak dipakai minimal selama 1 jam. Di tahun ke-9 di Indonesia, EARTH HOUR 2017 akan diselenggarakan pada tanggal 25 Maret 2017, pukul 20.30 – 21.30 waktu setempat.

Apa arti logo EARTH HOUR?

Logo EARTH HOUR ’60+’ menunjukkan 60 menit mematikan lampu di EARTH HOUR sebagai awal AKSI gaya hidup hemat energi. Tanda ‘+’ menunjukkan komitmen untuk bersama-sama mulai melakukan gaya hidup hemat energi.

Apa tujuan dari EARTH HOUR?

EARTH HOUR bertujuan untuk mendorong individu, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintahan yang saling berhubungan untuk menjadi bagian dari perubahan untuk dunia yang berkelanjutan. Dimulai dengan langkah awal semudah mematikan lampu dan alat elektronik yang tidak terpakai sebagai komitmen hemat energi untuk Bumi, dan juga merupakan momentum menampilkan kepada dunia tentang perilaku hemat energi yang sudah dilakukan. Dan pada akhirnya membentuk setiap individu yang senantiasi berAKSI untuk mengubah sekitarnya menjadi lebih baik, yang disebut sebagai EARTH HOUR CHAMPIONS.

Kenapa harus mematikan lampu?

Perilaku kecil seperti mematikan lampu atau peralatan elektronik yang tidak terpakai adalah hal yang paling mudah dilakukan oleh siapapun (anak, remaja, dewasa, tua, muda, dll). Dengan ikut mematikan lampu bersama di EARTH HOUR, kita sudah membuktikan bahwa sekecil apapun AKSI yang kita lakukan, akan berdampak besar jika dilakukan bersama-sama. Setelah melakukan hal sederhana tersebut, lakukan AKSI-AKSI yang lain.

Berapa penghematan energi yang berhasil dicapai pada pelaksanaan EARTH HOUR tahun lalu?

Mematikan lampu di EARTH HOUR tidak bertujuan langsung untuk menghemat energi selama 1 jam, tapi merupakan simbol dari komitmen AKSI yang sudah dilakukan dan ajakan melakukan AKSI nyata gaya hidup hemat energi. Tetapi tidak disangkal bahwa dari tahun ke tahun, gerakan ini dapat menghemat ratusan megawatt energi listrik karena AKSI bersama dan serentak ini di setiap wilayah.

Apakah mematikan dan menyalakan lampu secara serentak pada malam EARTH HOUR bisa mengganggu stabilitas Pembangkit Listrik?

Banyak orang merayakan EARTH HOUR dengan berbagai cara dan waktu yang berbeda, sehingga kemungkinan sangat kecil untuk terjadinya gangguan teknis dalam Pembangkit Listrik secara signifikan, tapi jika itu terjadi, itu pun tidak cukup signifikan untuk mengubah kebiasaan ‘beban dasar’ dari sebuah Pembangkit Listrik.

Apakah Indikator sukses EARTH HOUR?

EARTH HOUR ≠ pemadaman bergilir PLN

Tujuannya mengajak publik melakukan perubahan gaya hidup. Dan, dianggap berhasil bila bisa dilakukan semua orang, kapan saja, dimana saja, sesering mungkin, tanpa menunggu orang lain atau momen tertentu. Tahun 2016 Indikator sukses Earth Hour di Indonesia adalah : Partisipasi aktif dan komitmen dari komunitas dan pemerintah kota seluruh Indonesia untuk mematikan lampu. “Shine a Light on Climate Action”

EARTH HOUR dan Perubahan Iklim, apa hubungannya?

Perubahan iklim adalah ancaman kehidupan di Bumi akibat pemanasan global. Salah satu cara menunda pemanasan global dan krisis lingkungan lain yaitu dengan mengajak setiap individu untuk mengubah gaya hidup.

Kenapa EARTH HOUR fokus di Jawa – Bali?

  • 78% konsumsi listrik Indonesia terfokus di Jawa – Bali karena 68% konsumennya berada di pulau tersebut. Bagian Indonesia yang lain mendapatkan porsi lebih kecil.
  • 23% konsumsi listrik Indonesia terfokus di DKI Jakarta dan Tangerang. Distribusinya terbagi menjadi:
    • Rumah tangga: 33%
    • Bisnis/perkantoran serta gedung komersial: 30%
    • Sektor industri: 30% (kebanyakan di wilayah Tangerang)
    • Gedung pemerintahan: 3%
    • Fasilitas publik dan sektor sosial: 4%

Apakah EARTH HOUR = Gelap gulita/ blackout?

EARTH HOUR adalah AKSI sukarela oleh setiap individu secara sadar untuk mematikan alat elektronik dan lampu yang tidak sedang digunakan di tempatnya. Sehingga pemadaman listrik yang dilakukan sepihak oleh PLN bukan sama dengan/ tujuan dari EARTH HOUR.

Kenapa lampu & alat elektronik?

Kita bisa dengan mudah menyalakan atau mematikan lampu & alat elektronik dengan satu jari. Kampanye ini sengaja dibuat agar tiap individu dari berbagai usia dan status sosial ekonomi bisa berpartisipasi. Hemat energi = mudah dan murah. Mulai dari diri sendiri, dimulai dari sekarang.

Peralatan listrik dan lampu seperti apa yang aman untuk dimatikan ketika EARTH HOUR?

Komputer/ laptop, lampu ruangan, lampu hias, lampu untuk iklan, lampu meja, televisi, charger handphone, dan masih banyak lagi lampu serta peralatan elektronik yang kadang berlebihan dan secara normal tidak membahayakan keselamatan dan keamanan jika dimatikan.

Apa hubungan antara EARTH HOUR dan pemadaman bergilir?

EARTH HOUR merupakan AKSI sukarela mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak terpakai tanda penghematan energi. Jika mayoritas penduduk Jawa-Bali berhasil melakukan penghematan energi, hal ini bisa mendorong pemerataan pasokan listrik di seluruh wilayah Indonesia sehingga bisa mengurangi pemadaman bergilir di wilayah-wilayah lainnya. Tahukah kamu? Konsumsi listrik di Pulau Jawa-Bali kebutuhannya sekitar 75 – 80% dari konsumsi listrik nasional (PLN, 2010), dan masih ada 50 juta penduduk yang belum mendapat akses listrik.

Apakah kampanye EARTH HOUR hanya mematikan lampu selama 1 jam?

EARTH HOUR percaya bahwa simbolis mematikan lampu selama 1 jam sangat penting sebagai momentum dan langkah awal mengajak lebih banyak orang untuk melakukan AKSI hemat energi. Tapi aspirasi kami sejak awal adalah untuk mengajak semua pihak melakukan gaya hidup hemat energi tidak hanya sekedar mematikan lampu.

Apa yang dimaksud #IniAksiku?

Pada tahun 2012, EARTH HOUR meluncurkan jargon kampanye #IniAksiku, untuk mendorong dan menginspirasi masyarakat untuk berbagi komitmen gaya hidup ramah lingkungan yang sudah mereka lakukan bersama orang lain, dan mempromosikan banyak inisiatif AKSI hemat energi yang sudah diterapkan. Jargon ini dipersembahkan untuk setiap orang yang telah melakukan AKSI, siapapun dan dimanapun kalian, karena bumi milik semua orang bukan hanya orang-orang tertentu, sehingga setiap kita mempunyai hak untuk ber-AKSI untuk kebaikan.

Apa hubungan EARTH HOUR dan WWF?

Pada tahun 2007, WWF merupakan salah satu inisiator EARTH HOUR di Sydney (Australia) yang kemudian pada tahun-tahun berikutnya turut serta dalam kampanye EARTH HOUR dengan menyebarkan kampanye ini di lebih dari 70 negara jaringan WWF di seluruh dunia. Termasuk di Indonesia, WWF Indonesia menginisiasi gerakan Earth Hour di Indonesia (2008), hingga saat ini. Namun pada dasarnya gerakan kampanye ini adalah independen dan terbuka.

Bagaimana dengan lilin yang digunakan untuk acara EARTH HOUR?

Jika kamu berencana untuk menggunakan lilin selama EARTH HOUR, pastikan lilin yang kamu gunakan adalah lilin yang ramah lingkungan, yakni lilin lebah atau kedelai yang terbuat dari produk alami, tidak berbasis minyak bumi, bebas asap, dan tidak beracun. Kami sarankan kamu tetap hati-hati dalam penggunaan lilin, dan mengikuti tips ini:

  • Lilin hanya boleh digunakan di bawah pengawasan orang dewasa.
  • Lilin tidak boleh ditinggalkan.
  • Lilin harus dijauhkan dari anak-anak dan hewan peliharaan.
  • Memadamkan lilin sebelum tidur.
  • Jauhkan lilin dari cairan, gas, dan bahan yang mudah terbakar, seperti kertas dan pakaian.
  • Lilin harus diletakan pada tempat yang stabil, kering, dan permukaan tahan panas.
  • Sejak tahun 2014, setiap peringatan Earth Hour di Bandung menggunakan lilin hasil penyulingan minyak jelantah atau bio-fuel yang merupakan daur ulang dari minyak bekas sehingga lebih ramah lingkungan.

Apakah EARTH HOUR merupakan kegiatan tahunan?

EARTH HOUR lebih dari kegiatan rutin tahunan. Selain momentum pelaksanaan EARTH HOUR, sepanjang tahun kami terus mengajak dan berbagi informasi seputar gaya hidup hemat energi yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Ibaratnya, waktu perayaan EARTH HOUR satu tahun sekali pada akhir bulan Maret itu adalah acara puncak dari setiap AKSI yang kita lakukan setiap harinya, seperti momen ulang tahun kita layak untuk merayakan 1 tahun kehidupan kita dengan refleksi dan kegembiraan bersama.

Mengapa EARTH HOUR diselenggarakan di akhir bulan Maret?

Pada pertengahan sampai dengan akhir bulan Maret, di beberapa belahan dunia mengalami transisi dari musim semi kemusim gugur sehingga cuaca tersebut paling kondusif bagi semua negara yang ingin berpartisipasi di EARTH HOUR, karena di beberapa negara tidak perlu menggunakan pendingin atau pemanas ruangan.

Apa target dan tujuan kampanye EARTH HOUR?

Target utama kampanye EARTH HOUR Indonesia, yaitu:

  • Melanjutkan target efisiensi energi dan perubahan gaya hidup di kota-kota besar di dunia dengan konsumsi listrik tinggi.
  • Berusaha mengaitkannya dengan potensi sumber energi baru terbarukan yang lebih bersih dan berdampak minimal pada lingkungan.
  • Mengangkat dan memancing semangat kepemimpinan pemerintahan dan korporasi untuk secara signifikan melakukan efisiensi energi dan penggunaan sumber energi baru terbarukan sebagai bagian dari kebijakan mereka.

Tujuan kampanye EARTH HOUR Indonesia, yaitu:

  • Menjaring sebanyak-banyaknya individu, rumah tangga, dan pemerintahan untuk ikut aksi EARTH HOUR sebagaisimbol kontribusi mereka terhadap perubahan iklim.
  • Menjaring partisipasi korporasi untuk mengomunikasikan EARTH HOUR, baik staf mau pun jejaring eksternal untukberkomitmen mematikan lampu dan peralatan listrik yang dimungkinkan, dan melakukan perubahan kebijakandalam penggunaan energi.
  • Terbentuknya kegiatan aksi-aksi komunitas hijau masyarakat di berbagai kota di Indonesia.

Siapa saja yang sudah menjadi bagian dari kampanye EARTH HOUR?

Lebih dari 1 Juta penduduk Indonesia telah menjadi bagian dari kampanye EARTH HOUR Indonesia sejak tahun 2009. Hingga pada tahun 2016, telah terdesentralisasi di 34 kota/ kabupaten se-Indonesia, termasuk kota Bandung, antara lain Aceh, Palembang, Sorowako, Madiun, Mataram, Padang, Cimahi, Pekanbaru, Kota Batu, Bojonegoro, Semarang, Jakarta, Lamongan, Pontianak, Gresik, Depok, Denpasar, Purwokerto, Bekasi, Kota Mobagu, Tangerang, Sidoarjo, Banjarmasin, Kediri, Samarinda, Sangatta, Jogja, Malang, Solo, Bogor, Surabaya, Makassar, Lampung, Subang, Serang, Surabaya, Bekasi dan lain-lain.

Sejak kapan EARTH HOUR Bandung terbentuk?

EARTH HOUR Bandung bukan merupakan komunitas, melainkan gerakan. Di belakangnya ada JKBBE (Jaringan Komunikasi Bandung Bijak Energi). JKBBE itu yang merupakan rumah bagi program gerakan EARTH HOUR di Bandung. Pada tanggal 2 Maret 2011, JKBBE dibentuk oleh para perwakilan komunitas dan lembaga yang ada di kota Bandung dalam lokakarya bersama, dan EARTH HOUR menjadi program utama dalam keberjalanannya. Walau memang yang paling sering terekspos EARTH HOUR Bandungnya. Tapi tidak mengurangi tujuan besarnya, karena yang terpenting adalah EARTH HOUR Bandung adalah milik semua warga dan layak menjadi EARTH HOUR CHAMPIONS, adanya panitia hanya perwakilan saja yang menjaga serta mengoordinir aktivitas-aktivitas gerakan.

Apa tujuan terbentuknya EARTH HOUR Bandung?

EARTH HOUR Bandung diselenggarakan untuk mewakili Kota Bandung dalam gerakan global sedunia ini. Kota Bandung dan warganya butuh diingatkan akan penghematan/ kebijakan energi. Apalagi konsumsi energi dan perilaku warga kota seringkali jauh dari alam/ ramah lingkungan. Sehingga adanya gerakan Earth Hour Bandung sebagai pengingat dan juga pemicu AKSI-AKSI ramah lingkungan khususnya hemat energi. Permasalahan di Bandung tidak serta merta dapat diselesaikan dengan adanya gerakan ini, perlu adanya adaptasi dan penambahan solusi dengan pendekatan kearifan-kearifan lokal kota Bandung itu sendiri.

Siapa saja anggota EARTH HOUR Bandung?

Anggota EARTH HOUR Bandung adalah seluruh relawan atau yang kami sebut EARTH HOUR CHAMPIONS Bandung. Saat ini memang tidak ada skema atau mekanisme khusus keanggotaan, gerakan ini sangat cair dan dinamis, EARTH HOUR Bandung memposisikan sebagai wadah untuk berAKSI dan berkarya.

Apa saja fokus kegiatan AKSI EARTH HOUR Bandung?

Setiap tahunnya ada tantangan-tantangan permasalahan lingkungan yang berbeda, contoh pada tahun-tahun lalu isu penggunaan kekuasaan pihak tertentu dalam penguasaan ruang terbuka hijau seperti Hutan Kota Babakan Siliwangi merebak, sehingga kami turut mengkampanyekannya: #SaveBabakanSiliwangi. Kami terus memantau isu-isu yang terjadi di kota Bandung dan selalu mengedepankan AKSI dan kolaborAKSI dalam bersolusi. Pada tahun 2017 ini, ada 9 perilaku ramah lingkungan yang dikampanyekan dalam #IniAksiku, antara lain:

  1. Bersepeda,
  2. Membawa tempat minum,
  3. Diet kantong plastik,
  4. Memakai transportasi umum,
  5. Mengurangi dan memisah sampah,
  6. Konsumsi produk lokal,
  7. Memakai lampu hemat energi,
  8. Mencabut listrik tak terpakai, serta
  9. Menanam dan memelihara pohon.

Kenapa harus daftarkan AKSI di earthhour.wwf.or.id/signup.php?

Karena EARTH HOUR tidak sekedar mematikan listrik sebagai tanda hemat energi, langkah berikutnya adalah mendaftarkan AKSI ramah lingkungan lain yang sudah kamu lakukan di earthhour.wwf.or.id/signup.php. Seluruh AKSI yang terdaftar adalah bukti bahwa AKSI sederhana yang kita lakukan namun bisa berdampak besar karena dilakukan bersama banyak orang di seluruh Indonesia.

Dimana bisa mendapatkan merchandise EARTH HOUR?

Ikuti akun media sosial EARTH HOUR kami dan Indonesia, serta akun EARTH HOUR di kota lain yang kamu inginkan, karena informasi merchandise tersebut ada di sana. Merchandise tersebut ada yang dibuat oleh sponsor dan ada juga yang dijualbelikan.

Apa saja akun media sosial EARTH HOUR Bandung?

  • Facebook : Earth Hour Bandung
  • Twitter : @EHbdg
  • Instagram : @EHbdg
  • YouTube : EHbandung
  • Website : www.bandungbijakenergi.org