Meuting Earth Hour Bandung 2018

by Earth Hour Bandung

Meuting Earth Hour Bandung 2018

Jalin Komunikasi Lewat Meuting EH Bandung 2018

Malam keakraban “Meuting” Earth Hour (EH) Bandung menjadi momen penting untuk mengawal silaturahmi dalam jaringan antar relawan. Kegiatan yang dilaksanakan pada 13-14 Januari 2018 di Villa Pranata Lembang ini diikuti oleh 12 koordinator dan 65 EH Champions Bandung.

Salah seorang Duta EH Bandung sekaligus Mojang Jawa Barat 2016, Kiki Siti Zakiah pun turut hadir menceritakan pengalamannya bergabung bersama EH Bandung. Kiki mengaku, ia mulai terbiasa melakukan hal-hal sederhana untuk menciptakan gaya hidup yang bijak dalam menggunakan energi, maupun mengurangi penggunaan produk yang sulit terurai.

Dalam kegiatan tersebut, Koordinator EH Bandung Saepul Hamdi memaparkan berbagai hal yang berkaitan dengan EH Bandung. Dimulai dari Earth Hour Global, Earth Hour Indonesia, dan pembahasan grand timeline Earth Hour Bandung 2018.

“Tahun 2018, ada 30 kota yang akan melaksanakan gerakan Earth Hour, dan tahun ini Papua juga ikut melakukan gerakan Earth Hour,” ungkap pria yang akrab disapa Epul tersebut, Sabtu (13/1/2018).

Selain membahas program tahun 2018 dari EH Indonesia, Epul juga menjelaskan Grand Timeline EH Bandung selama 2018. Tahun ini, EH Bandung mempunyai empat program kerja utama, diantaranya Simargi (Edukasi Hemat Energi), Semalam (Semalam Matikan Lampu), Aksi Publik, dan #BYB Goes To Campus.

Usai pembahasan grand timeline, para EH Champions diberi tugas untuk melakukan Focus Group Discussion (FGD) bersama kelompoknya yang sudah ditentukan. Ada kelompok Air, Angin, Matahari, dan Batu Bara. Masing-masing akan mendapatkan satu program kerja sebagai bahan FGD.

Adapun hal-hal yang harus disampaikan usai para EH Champions berdiakusi dimulai dari deskripsi kegiatan, waktu kegiatan, penanggung jawab kegiatan, tempat kegiatan, hingga sasaran kegiatan. Setiap kelompok diberi waktu 30 menit untuk berdiskusi. Setelah itu, setiap kelompok harus melakukan presentasi dan konsep yang akan dijalankan.

Dipenghujung kegiatan, Epul berharap dari Meuting ini, seluruh elemen EH Bandung yang tergabung didalamnya untuk lebih mempererat komunikasi yang sudah terjalin. Melalui beberapa permainan seperti Capguricap, Harimau Pemburu, Sendok Tali, Lindungi Ratuku dan Tarik Tambang, kekompakan EH Champions semakin tumbuh. “Semoga tidak ada relawan yang datang dan pergi begitu saja,” tutup Epul. (Nunung Nurhayati)


About the Author


Earth Hour Bandung


Energi Terbarukan Ost. Pulau Bintang (Covered by EHband)