Press Conference Earth Hour Bandung 2017

by Sani Firmansyah

 

Tiga hari menjelang acara puncak seremoni, Earth Hour Bandung mengadakan konferensi pers tingkat Kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat pada hari Rabu, 22 Maret 2017 di Hotel Mercure Setiabudi, Bandung. Konferensi Pers ini bertujuan untuk mengingatkan dan mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam agenda Switch off  yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 Maret 2017 mendatang.

Beberapa pihak dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat serta pihak Pemprov Jawa Barat hadir dan mendukung kegiatan ini. Acara diawali dengan prakata dari pihak hotel, Bapak Engkun Kurnia selaku General Manager Hotel Mercure Setiabudi yang memaparkan kesediaannya untuk ikut berpartisipasi dalam aksi penghematan energi. Beliau menyatakan, saat agenda switch off  nanti pihak hotel akan mengajak para tamu untuk ikut mematikan lampu atau menghemat energi. Selanjutnya, Kak Dwi Widya Mutiara selaku Koordinator Kota Earth Hour Bandung memberikan penjelasan mengenai sejarah Earth Hour Bandung dan beberapa aksi yang telah dilakukan sebelum acara puncak seremoni 2017. Tahun ini, Earth Hour Bandung mengajak seluruh masyarakat yang ingin berpartisipasi ditempatnya masing-masing untuk mengisi formulir di website bandung bijak energi sebagai bukti partisipasi.

Di tahun ke-7 ini, agenda switch off akan dilaksanakan di Balai Kota Bandung dan Gedung Sate dimulai pukul 08.00 – 22.00 WIB. Beberapa kegiatan akan dilaksanakan untuk memeriahkan agenda switch off bersama beberapa sekolah dan juga korporasi yang ikut mendukung kegiatan ini. Harapannya, aksi bijak energi ini tidak hanya berhenti setelah satu jam pada tanggal 25 nanti, tetapi dapat dijadikan gaya hidup bagi masyarakat khususnya Kota Bandung.

Pemaparan selanjutnya dari Bapak Mohamad Salman Fauzi, selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung yang mendukung penuh aksi hemat energi ini. Beliau menghimbau agar beberapa icon kota Bandung seperti museum sejarah, museum geologi, jembatan antapani dan lain sebagainya untuk ikut mematikan lampu pada switch off  nanti. Selanjutnya, Bapak Anang Sudarna, selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat berbicara mengenai hubungan antara pengurangan energi terhadap lingkungan. Saat manusia bisa bijak dalam penggunaan energi, manfaat positif yang dihasilkan tidak hanya baik bagi lingkungan tapi juga secara sosial dapat memberikan kesempatan bagi masyarakat yang belum bisa mendapatkan listrik untuk menikmatinya. Kemudian bapak Koesmayadie Tatang Padmadinata selaku Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat menambahkan, pemprov Jabar akan mengajak seluruh pemerintah setiap dinas untuk menghemat energi dan beliau menyatakan pemprov Jabar siap jadi pelopor dalam penghematan energi.

Tidak hanya dari pihak dinas lingkungan dan pemprov jabar, konferensi pers ini juga dihadiri oleh beberapa duta Earth Hour Bandung yaitu Evan Lysandra (Puteri Indonesia Jawa Barat 2016), Kafin Sultha, Kiki Siti Zakiah (Mojang Jawa Barat 2016) dan Tomtom The Titans. Mereka memaparkan alasan ikut berkontribusi di Earth Hour Bandung dan mereka menyatakan ingin memberikan contoh pada masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dan melakukan aksi kecil yang bermanfaat besar bagi lingkungan dan orang sekitar. Acara ditutup dengan tanya jawab dari para media yang hadir mengenai aksi hemat energi dan agenda switch off mendatang. Harapannya acara konferensi pers ini dapat menjadi penyalur informasi kepada masyarakat terkait pentingnya aksi hemat energi sehingga banyak masyarakat yang ikut berpartisipasi pada agenda switch off 25 Maret 2017.

Penulis : Sri Aryanti

Editor : Sani Firmansyah

           


About the Author


Sani Firmansyah


Energi Terbarukan Ost. Pulau Bintang (Covered by EHband)