Hari Peduli Sampah Nasional 2017, Drop your E-Waste !

by Earth Hour Bandung

Hallo #sobatEH ! Masih ingatkah dengan tragedi longsornya TPA Leuwi Gajah 21 Februari 2005 lalu? Peristiwa yang menewaskan ratusan warga tersebut dikenang dalam bentuk peringatan Hari Peduli Sampah Nasional. Ditahun ke 12 HPSN ini Earth Hour Bandung mangemasnya dalam sebuah rangkaian kegiatan aksi yang berlangsung pada Minggu, 19 Februari 2017 di Car Free Day, Dago Kota Bandung.

Agenda kegiatan HPSN kali ini berbeda dengan aksi aksi sebelumnya karena Earth Hour Bandung mengangkat salah satu tema tentang sampah elektronik (e-waste). Faktanya, sampah yang termasuk dalam jenis B3 (Bahan Beracun Berbahaya) ini memiliki peningkatan yang paling tinggi dibanding jenis sampah lain dalam kurun waktu 5 tahun yaitu hingga 63%. Seiring pesatnya perkembangan teknologi, tidak bisa dipungkiri bahwa produksi alat elektronik pun meningkat. Salah satu bentuk aksi yang digalakan HPSN tahun ini yaitu dengan membuka drop box bagi masyarakat Bandung dan sekitarnya untuk menaruh sampah elektronik tak terpakai di tempat yang sudah disediakan dan selanjutnya akan dikreasikan oleh salah satu duta Earth Hour Bandung yang berkolaborAksi dan concern pada e-waste yaitu Rafa Jafar, anak berusia 12 tahun yang sudah menjadi pembicara forum internasional terkait sampah elektronik.

Selain dengan Rafa Jafar (RJ E-waste), Kegiatan HPSN di CFD Dago diramaikan dengan kolaborAksi lainnya bersama Bank Ekonomi, Kak Joe (instruktur Zumba), Greeneration Foundation, Perkusi SMAN 26 Bandung, tas baGoes, U Green ITB, HMTL ITENAS dan HMTPL Unisba. Acarapun dibuka dengan olahraga Zumba di halaman Bank Ekonomi dengan instruktur yaitu Kak Joe. Selain Zumba lovers, masyarakat yang sedang mengunjungi CFD pun tidak sedikit yang antusias mengikuti pembukaan kegiatan HPSN tersebut. Drop box sampah elektronik dibuka selama rangkaian kegiatan berlangsung, masyarakat yang memberikan e-waste mendapatkan undian merchandise berupa tas pakai ulang atau kupon belanja dari tas baGoes. Adapun e-waste yang ditukarkan oleh masyarakat cukup beragam, mulai dari kabel bekas, batterai, hingga gadget bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Salah satu duta Earth Hour Bandung, Sogi (Artis) juga menyumbangkan beberapa barang elektroniknya yang sudah tidak terpakai sebagai bentuk kepedulian akan pentingnya pemilahan sampah dan aksi bijaknya untuk menjaga lingkungan.

Kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional dilanjutkan dengan flashmob oleh Earth Hour Bandung Champions yang mengikutsertakan beberapa duta EH Bandung antara lain Kiki Siti Z (Mojang Pinilih 2016), Yogi G (Jajaka Jawa Barat 2016), serta musisi Teman Sebangku yaitu Doly & Sarita. Gerakan Flashmob EH Bandung sebetulnya memiliki pesan akan informasi terkait bijak energi, pentingnya pemilahan sampah, dan 9 aksi EH Bandung lainnya, serta informasi hari Seremoni Earth Hour tahun 2017.

Ketika Drop box yang disediakan semakin terisi oleh sampah elektronik, kegiatan dilanjutkan dengan long march di sekitar rute Car Free Day untuk menginformasikan kepada masyarakat sekitar tentang pentingnya pemilahan sampah, bahaya akan sampah elektronik dan informasi lainnya terkait Earth Hour. Selain Duta dan Earth Hour Champions, Long march juga dimeriahkan oleh iringan Perkusi dari SMAN 26 Bandung yang memiliki alat musik dari barang barang bekas.

Adapun rangkaian acara lainnya yaitu workshop pengolahan kertas bekas dari U-Green ITB, workshop membuat tas pakai ulang dari kaos bekas oleh Earth Hour Champions ditambah dengan pemaparan oleh tim tas baGoes terkait pentingnya menggunakan tas pakai ulang dibanding kantong plastik sekali pakai. Selain itu, ada penjelasan singkat terkait program lingkungan dari Greeneration Foundation, dan program terkait sampah elektronik oleh tim RJ yang datang langsung dari Jakarta yang nantinya akan menindaklanjuti sampah elektronik yang sudah terkumpul dalam e- waste dropbox Car Free Day. Seluruh agenda HPSN tersebut ditutup oleh penampilan dari musisi Teman Sebangku yang membawakan beberapa lagu dari albumnya berjudul “Di Semesta”.


About the Author


Earth Hour Bandung


Energi Terbarukan Ost. Pulau Bintang (Covered by EHband)